Skip to main content

Tarek

Makan Bakso Tukul Arwana :p
9 Oktober 2014
Pagi ini, kegalauan terjadi, setelah sebelumnya saya disibukkan dengan perkuliahan (sok sibuk), tiba-tiba Tarek, sahabat saya yang sedang menempuh study di Qairo University membagikan foto saya tentang Mafaza, tempat dimana kami bertemu tiga bulan yang lalu.
“I Love this place and I will be back soon” tulisnya di dinding facebooknya. Saya tersenyum, kemudian saya balas komentar, “I wanna call you now on BBM”. Mulailah kegalauan terjadi disini, duh, ini curhat akhir pekan bener ini kayaknya.
Tarek beberapa kali menghubungi saya melalui BBM, meski sebenarnya kebanyakan nggak ada suaranya. Mungkin saja signal sedang ngambek pagi ini. Hampir setengah jam berlalu, dan saya cuma mendengar ucapan salam dari Tarek yang berulang kali dan dia tidak berhasil mendengar suara saya selain ucapan salam juga, hahaha. Sebenarnya saya lebih suka Video Call melalui Skype jika dengan teman-teman yang jauh. Skype lebih menarik bagi saya, ketimbang aplikasi yang lain, dan masalahnya, Tarek tipe orang yang jarang online skype *gigitJari*.
Pertemuan saya dan Tarek sebenarnya terjadi pas dia stay di Mafaza untuk beberapa waktu pas Ramadhan kemarin, meski cuma kurang lebih tiga hari bersama, namun kedekatan kami cukup terjalin, dan banyak hal-hal kocak yang kami lakukan bersama. Saya masih ingat saat Tarek berkenalan dengan saya,
Tarek Selalu Pake Gamis Panjang Berwarna Putih :p

“What is your name?” Tanya saya, sambil tersenyum (lebih tepatnya nyengir)
“My name is….(tarek langsung berlagak sedang menarik sesuatu, kayak orang konyol) kemudian tersenyum dan berharap saya memahami apa yang dia maksud.
“What do you mean?” ujar saya meminta penjelasan.
“My name is …(mengulangi hal yang sama).”
Duh ini orang ngomong apa, sih. Saya pun menyerah.
“My name is Tarek, in Indonesian you call this with “Tarek”, right?”
Kami pun tertawa terbahak di pojokan masjid.
Tarek tipe anak muda yang tidak suka jejaring sosial, dia lebih suka membaca buku. Iya, beda banget dengan saya. Fiuh. Selama di Mafaza, setiap hari kerjaan saya dan Tarek adalah pergi ke pasar dan membeli berbagai macam bahan masakan, tomat, cabe, jeruk, beras dan lain sebagainya. Tarek selalu memakai gamis panjang, sedangkan saya memilih pake celana panjang dan kaos oblong kalo ke pasar, udah persis kayak tukang ojeknya. Dan setiap ke pasar, pasti bakalan rame deh pasarnya, karena banyak yang motretin dia, sedangkan saya cuma melongo, sambil berharap ada yang motret atau setidaknya minta foto bareng ama saya, gitu hahahaha. Becanda.
Tarek tidak bisa berbahasa Indonesia, hanya bisa bahasa Arab dan sedikit Inggris, jadi saya harus menerjemahkan apa yang mau dia beli ke para penjual disana.
Pose Lebay haha
“You are famous, dude,” goda saya padanya. Tarek Cuma nyengir, kemudian bilang,
“It’s weird, looks like a superstar,”
Saya terkekeh,
“yeah,,,”
Kejadian demikian selalu terjadi selama tiga hari saya menemani dia ke pasar. Setiap mau ke pasar, saya selalu menggodanya.
“Be ready, the local are curious about you. May be they will take your pictures again, so, be nice, dude.”
Setelah ke pasar, kegiatan selanjutnya adalah masak, dan saya tidak pernah mau ikut campur kerjaan Tarek kalo sudah di dapur, saya mau jadi penonton dan tukang masak saja.
Lain lagi kalo setelah tharawih, kerjaan selanjutnya adalah kuliner. Duh, gagal sudah proses diet saya saat Tarek ada di Mafaza #halah. Tarek paling suka dengan bakso, dan tentu saja saya dengan senang hati mengajak dia mencari tempat makan yang dia mau, secara, dia yang selalu bayarin kalo pas makan di luar #plak #dijitak. Setelah makan bakso, lanjut cari ice cream. Kadang sampai larut nggak tidur, karena ngobrol ngalur ngidul di pojokan masjid. Dan kerennya, Tarek selalu membaca Al Quran sebelum tidur, meski kami sudah ngoceh sampe larut.
Setelah Tarek kembali ke Mekah kemudian kembali ke kampusnya dai Qairo University , dia selalu mengirim pesan baik melalui Facebook maupun BBM.
“I really love Indonesia. I wanna go back again. After my graduation Insha Allah I will go back to Indonesia, I wanna marry someone from Indonesia.”
Biasanya saya cuma tertawa membaca pesannya. Meski sebenarnya Tarek memang terlihat nyaman selama beberapa hari di Purwokerto dan kota-kota lain di Indonesia, itu terlihat dari cara dia berinteraksi dengan penduduk lokal
Kalo pas lagi nelpon saya, Tarek ini udah kayak teriak aja ngomongnya,
“Ustadzzzzz….” Kata ini yang biasanya mengawali obrolan setelah terlebih dahulu ia mengucapkan salam.
            Sebenarnya, jarak bukanlah alasan untuk tidak menjalin hubungan baik satu sama lain. Saya dan sekian banyak teman-teman di belahan dunia yang lain, tetap berusaha menjalin komunikasi satu sama lain, berusaha untuk saling berbagi dan tentu saja berharap untuk bisa kembali berjumpa di lain waktu, tidak hanya dengan bertatap muka melalui Video Call, tapi benar-benar bisa bertemu langsung dan melanjutkan kehidupan dengan aneka warna dalam indahnya persahabatan. Ini satu dari sekian banyak sahabat saya yang saya ceritakan, lain waktu saya akan cerita lagi teman-teman yang lain. *berasa penting*

Comments

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m