Skip to main content

Arti Idola



“Tidak ada teladan sebaik Rasulullah Saw. Barang siapa yang meneladani Rasulullah, maka dia akan menjadi teladan bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya.”

Apakah kalian mengidolakan seseorang? Penyanyi? Aktor? Pemain bola? Atau mungkin yang lain. Coba perhatikan anak-anak zaman sekarang, lihatlah bagaimana mereka mengartikan “idola”, lihatlah bagaimana mereka melakukan banyak hal demi sang idola. Percaya atau tidak, ada orang yang menangis histeris saat melihat idolanya berada di hadapannya. Ada yang rela berdesak-desakan demi bersalaman dengan sang idola. Ada yang rela datang ke pertujukan sang idola, meski jarak yang ditempuh cukup jauh. Itulah yang terjadi pada anak-anak zaman sekarang.
            Coba perhatikan di stasiun televisi, di acara musik, ada banyak anak-anak remaja yang menangis, berteriak histeris saat bertemu dengan idolanya. Ada juga yang bergaya layaknya sang idola, mulai dari gaya rambut, gaya berpakaian, dan lain sebagainya.
            Seingat saya, seumuran mereka, saya tidak pernah melakukan hal seperti itu. Kalau pun ada penyanyi yang saya sukai, atau aktor yang saya kagumi aktingnya, atau cendekiawan muslim yang saya kagumi keluasan ilmunya dan lain sebagainya, saya tidak pernah bertindak seperti itu. Bagi saya, bisa menikmati karya mereka sudah cukup. Saya tidak merasa wajib untuk datang pada setiap pertunjukan mereka, saya tidak merasa rugi tidak datang pada launching album mereka dan lain-lain. Saya tidak pernah memaksakan diri untuk melakukan itu semua. Dan sebenarnya saya tidak pernah mengidolakan siapapun.
            Kecintaan anak-anak remaja zaman sekarang dengan sang idola, kadang melebihi batas kewajaran. Bahkan mereka sampai hafal semua hal yang berkaitan dengan idola.
            Murid-murid saya di sekolah, kebanyakan memang fans berat sepak bola, entah itu Manchester United, Milan, dan lain sebagainya. Saya tidak terlalu paham tentang dunia bola. Saya sama sekali tidak melarang anak-anak untuk menyukai grouf yang mereka idamkan. Sama sekali tidak melarang. Namun saya sering melihat banyak hal yang berlebihan yang mereka lakukan. Sehingga keseharian hanya berbicara tentang bola, bola, bola dan bola. Pagi hari, saat bertemu di sekolah, topik pembicaraan adalah tentang pertandingan sepak bola, siang hari juga demikian, dan terus seperti itu.
            Saya memang tidak pernah merasakan gila bola, yang rela bangun malam demi melihat pertandingan tim kesukaan. Saya sama sekali tidak pernah merasakan itu, karena saya tidak menyukai bola. Dan jangan sampai saya menjadi orang yang rela melakukan kegilaan-kegilaan itu.
            Yang ingin saya tekankan disini adalah, jangan sampai kecintaan kita kepada sang idola mengalahkan kecintaan kita kepada Allah Swt selaku Tuhan semesta alam ini. Jangan sampai hanya gara-gara bola, kita rela bangun di tengah malam dan saat subuh menjelang kita terlelap tidur karena mengantuk. Jangan sampai kita bangun malam hanya sekedar untuk menyaksikan pertandingan tim yang diagungkan, sementara kita tidak pernah bangun malam, membasahi anggota badan kita dengan air wudhu, dan menghadap Allah Swt, bermunajat kepada-Nya. Jangan sampai kita hanya menjadi budak dari kecintaan kita pada sesuatu.
            Cinta kepada Allah harus menjadi nomor satu. Jika kita rela berjuang, rela berdesak-desakan demi bertemu dengan idola, demi menyaksikan pertandingan tim kesukaan, dan lain-lain, coba tanyakan pada diri, pernahkah kita merasakan kecintaan yang sama saat ingin menghadap Allah? Atau bahkan ada yang rela meninggalkan shalat demi menyaksikan pertandingan tim yang disukai? Naudzubillah.
            Coba tanyakan lagi, pernahkah kita menyengaja datang ke masjid, meski adzan belum berkumandang, berdzikir terlebih dahulu sambil menunggu masuknya waktu shalat? Pernahkah kita merasakan kekhawatiran yang sama saat kita tidak bisa melaksanakan shalat berjemaah di masjid, layaknya khawatir kehabisan tiket karena tidak bisa menyaksikan pertandingan bola? Pernahkah? Coba Tanya lagi. Mungkin cinta kepada makhluk melebihi kecintaan kita kepada Allah.
            Miris melihat banyak anak-anak remaja yang mengenakan jilbab, kemudian rela memeluk idolanya, bahkan ada yang sampai mencium sang idola. Lantas dimana letak ajaran yang terkandung dalam sehelai kain yang menutupi kepala itu? Benarkan idola mampu meruntuhkan keimanan? Lantas apa arti hijab yang kalian kenakan?
            Anak-anakku, ada banyak hal lebih penting yang bisa kalian lakukan selain menjadi gila karena idola, karena tim bola kesukaan kalian, karena aktor yang kalian puja dan lain-lain. Jika memang kalian menyukai semua itu, jangan sampai menjadikan kecintaan kepada makhluk mengalahkan kecintaan kita kepada Allah Swt yang telah memberikan kita anugerah dalam tiap embusan nafas kita. Jangan sampai kalian lupa, ada ayah dan ibu yang di dekat kalian, yang seharusnya kalian cintai sepenuh hati, bukan malah mengabaikan mereka karena kecintaan kalian pada sang idola.
            Di dalam Alquran, Allah sudah menjelaskan bahwa Rasulullah Saw adalah teladan yang seharusnya kita jadikan teladan dalam kehidupan kita. Rasulullah seharusnya menjadi orang yang kita cinta karena keluhuran budi pekertinya. Allah menjelaskan sendiri bahwa Rasulullah adalah makhluk ciptaan-Nya yang paling baik akhlaknya. Sudahkah kita mencintai Rasulullah? Atau bahkan kita sama sekali tidak menjadikan Rasulullah teladan dalam hidup kita sehari? Naudzubillah.

            “Sungguh telah ada bagi kalian pada diri Rasulullah suri teladan yang baik bagi orang yang berharap kepada Allah, hari akhir dan bagi orang yang banyak mengingat Allah.” (QS. Al-Ahzab: 21)
           
            Cinta kepada makhluk tidaklah abadi, cinta kepada Allah lah yang abadi. Kecintaan kita kepada Allah akan membuatmu merasakan ketenangan di dalam hati. Hakikatnya cinta mampu membuat kita semakin dekat dengan-Nya, bukan malah menjauh dari-Nya.

Comments

  1. bismillah

    memang miris ketika permasalahan remaja sekarang, coba us diajak diskusi saja. saya juga pernah merasakan tentang hal demikian. teman2 kecil saya sangat senang bahkan mengidolakan "SJ". sampai2 setiap kali mereka bermain, berjalan dan disetiap aktivitasnya. lalu kami berdiskusi sekelas, membahas apa manfaat dari setiap perkataan yang mereka ucapkan. subhanallah diskusinya berlangsung aktiv dan mereka menemukan jawaban dari perkataan mereka sendiri. lalu mereka membaca buku2 tentang shiroh Nabi, sehari di rumah Rosulullah sampai saat ini alhamdulillah menu santapan pagi mereka adalah membaca shiroh Nabi. alhamdulillah seiring dengan ikhtiar dan do'a semoga mereka menjadi generasi yang sholih nan sholihah kini disetiap aktivitasnya ucapan yang mereka keluarkan adalah hafalan mereka, dan topik yang mereka diskusikan adalah "kamu udah hafal surat ini...? atau aku udah hafal surat ini loh...

    semua memang butuh pengorbanan dan suri tauladan yang baik. komunikasikan pula tentang perkembangan anak kepada orangtuanya, bagaimanapun juga pendidikan dan pengasuhan anak harus sinergi antara disekolah dan dirumah.

    selamat mencoba untuk berkarya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih karena sudah berbagi. Insya Allah saya akan selalu berusaha untuk mengajak mereka berbincang dari hati ke hati :) semoga mereka tumbuh menjadi anak2 yg shaleh dan shaleha. Amin :)

      Delete
  2. Hi there colleagues, its great article regarding educationand
    fully explained, keep it up all the time.

    Here is my webpage; buy phen375

    ReplyDelete
  3. Hi! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good
    results. If you know of any please share. Appreciate
    it!

    My weblog :: theuniversethewars.com

    ReplyDelete
  4. Allahu Akbar...
    begitulah penyembahan idola (berhala) modern...

    kini kita berada pada zaman jahiliyyah modern...
    masjid berdiri megah, ketika adzan yang sholat hanya 1 shaf kurang...

    Allahu Akbar...layakkah kami menjadi ummat-mu ya Rasulullah ? :'(

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.