Skip to main content

Guruku Adalah Pahlawanku


Dulu, saya adalah seorang anak yang sangat pemalu, tidak berani mengemukakan pendapat saat di kelas, tidak berani maju menjawab soal-soal yang dibuat oleh guru, tidak banyak bicara. Saya hanya suka dengan kesendirian, diam dan melakukan berbagai macam hal sendiri. Saya tidak banyak berinteraksi dengan teman-teman.

“Guruku adalah pahlawanku.”

Saya menyebutnya demikian, saya mempunyai seorang guru perempuan, beliau adalah guru yang mengajar tauhid, nama beliau adalah Ustadzah. Sulastri, S.Ag. Beliau begitu perhatian, selalu memberi kesempatan pada saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang beliau ajukan, dan tidak pernah bosan, meski saya sangat susah untuk menjawab semua pertanyaan itu. Bukan karena saya tidak bisa menjawab, akan tetapi karena malu yang sangat berlebihan yang masih belum bisa saya kurangi.

Pada satu kesempatan, saya dipanggil oleh Ustadzah. Sulastri, beliau mengajarkan kepada saya bahwa “malu memang sebagian dari iman.”, Akan tetapi malu yang dimaksud disini adalah “Malu jika melakukan sesuatu yang tidak diridhoi oleh Allah.” Beliau sangat telaten menjelaskan kepada saya hakikat malu yang sesungguhnya. Selagi itu baik, jangan malu untuk melakukannya. Lakukanlah semua itu karena Allah SWT.

Saat itu, saya hanya mendengarkan dengan baik apa yang dijelaskan oleh beliau. Hingga akhirnya beberapa waktu kemudian, saat sudah masuk ke sekolah menengah atas, saya mulai percaya dengan kemampuan diri. Saya sudah mulai berani berinteraski dengan teman-teman, saya juga sudah berani mengemukakan pendapat, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dan lain-lain. Sejak itu, saya mulai menemukan bahwa saya mampu, saya harus percaya dengan diri sendiri, bukan malah malu.

Ustadzah. Sulastri tidak hanya menjadikan saya percaya diri, akan tetapi beliau juga yang membuat saya bangkit lagi, saat saya sedang terpuruk. Saya pernah melakukan satu kesalahan fatal, yang membuat saya dijauhi oleh teman-teman. Beliau sempat meneteskan air mata, membuat saya ikut menangis haru, merasakan betapa beliau sangat peduli dengan anak didiknya. Saat guru-guru banyak yang mengacuhkan saya, disaat saya butuh dukungan dari mereka semua, Ustadzah. Sulastri datang dengan sabar menenangkan saya, mencoba untuk membuat saya kembali bangkit dari keterpurukan.

Saya sempat ingin mengakhiri hidup karena permasalahan yang tak kunjung usai, namun nasehat demi nasehat yang diberikan oleh beliau selalu terngiang di dalam benak saya,

“Bahwa hidup memang tidak akan pernah lepas dari permasalahan, yang perlu kita lakukan adalah menjadi diri kita yang terbaik. Selebihnya, biarkan Allah memperlihatkan betapa agung kuasa-Nya.”

Nasehat-nasehat yang selalu beliau sampaikan telah menjadikan saya lebih baik, menjadikan saya satu sosok yang mulai menata kembali jalan menuju Allah. Saya sempat lari, menjauh dan enggan untuk kembali kepada Tuhan yang telah memberikan sekian banyak anugerah, namun lagi-lagi Ustadzah. Sulastri yang menegarkanku, menyemangatiku, menanam kembali benih-benih kerinduan pada Tuhan.

Begitulah sosoknya, sosok yang sangat sederhana namun mengagumkan. Sosok yang begitu tawadhu’ meski pengetahuan yang beliau miliki begitu banyak. Sosok yang sampai hari ini masih tetap ada di lubuk hati saya, sosok pahlawan yang akan selalu ada di langit hatiku.

Begitulah seharusnya seorang guru, harus merangkul anak didiknya, jangan sampai mereka jatuh dan tidak mendapatkan uluran tangan untuk kembali bangkit. Guru adalah satu sosok yang memiliki kewajiban untuk mengerti semua peserta didiknya. Guruku Adalah pahlawanku.

Comments

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

Seluas Bahasamu, Seluas Itu Pula Duniamu

Bagi yang pernah berpergian ke suatu tempat, dimana bahasa yang digunakan adalah bahasa yang tidak bisa dipahami, tentu akan menyadari betapa pentingnya bahasa sebagai alat untuk komunikasi antara satu sama lain. Inilah sebuah keajaiban, dimana masing-masing Negara bahkan daerah memiliki aneka ragam bahasa yang memiliki ciri khas tersendiri. Di Bengkulu terdapat berbagai macam bahasa yang digunakan, masing-masing Kabupaten bahkan memiliki ragam bahasa tersendiri yang tidak semuanya saya pahami. Berbicara di ruang lingkup yang lebih besar, saat pertama kali belajar di tanah Jawa, saya seperti orang asing yang datang dari dunia antah berantah, yang sama sekali tidak paham tentang bahasa yang mereka gunakan, yakni bahasa Jawa. Lantas bagaimana akhirnya saya bisa sedikit mengerti tentang bahasa Jawa? Meski sampai hari ini saya hanya sebatas paham dan tidak bisa mengucapkannya. Adanya kebiasaan mendengar tentu memiliki peran penting di dalam perkembangan kemampuan seseorang di dalam

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.