Skip to main content

Yang Terlupakan

Aku duduk di bagian ujung masjid, bersender ke dinding masjid sambil membaca sebuah buku. Melepas lelah setelah seharian berkutat dengan tugas-tugas yang membuatku lupa untuk meluangkan waktu membaca buku-buku yang kubeli. Buku-buku itu tersusun rapi di lemari kamarku. Hanya tersusun dan belum sempat untuk kubaca. Tidak apa, nanti kalau sudah ada waktu luang baru akan kubaca satu persatu. Aku membaca lembar demi lembar buku yang berjudul “Notes From Qatar” karya Muhammad Assad. Sebuah buku yang sangat inspiratif, menarik dan bersahaja. Sebuah buku yang memotivasi tanpa maksud untuk menggurui.

Aku sedang membaca bagian “My Spiritual Journey”, tiba-tiba seseorang menghampiriku, dia duduk di depanku sambil memegang selembar kertas dan sebuah bolpoint berwarna hitam. Penampilannya lusuh, sepertinya dia baru selesai bekerja. Ada debu yang menempel di keningnya, serta butiran-butiran keringat membasahi mukanya.

Aku masih terus membaca, dan membiarkan dia duduk di depanku. Hening, aku melihat ke arahnya, dia tidak berucap apa-apa, dia hanya memainkan bolpoint hitam itu dengan jari-jari tangannya. Sesekali dia melipat kertas putih yang ada di tangannya.

Dia semakin mendekat, sekarang duduk di sampingku sambil memperlihatkan selembar kertas yang tadi dia pegang, tidak ada goresan tinta di kertas itu, hanya selembar kertas kosong.

“Mas, maaf mengganggu” ucapnya
“Ada yang bisa saya bantu, Pak?” jawabku

Aku menutup buku, kemudian melihat ke arahnya, dan mendengarkan dengan baik apa yang mau dia ucapkan. Dia menarik nafas dalam-dalam, kemudian memulai ceritanya.

“Saya seorang kuli bangunan, sekarang saya sedang kebingungan” laki-laki paruh baya itu memulai ceritanya.

“Saya sedang kebingungan dengan status keyakinan saya saat ini, apakah saya masih seorang muslim atau tidak? Saya ragu dengan ibadah yang selama ini saya lakukan, apakah ibadah saya diterima atau tidak?” dia berhenti berucap, kemudian mengambil nafas panjang.

“Apa yang membuat Bapak ragu?” tanyaku menelusuri

“Saya mendapat sebuah bisikan ghaib, entah dari siapa. Saya tidak tahu pasti bisikan itu berasal dari siapa? Yang aku tahu bisikan itu terus terdengar di telingaku dan menghantuiku.”

“Bisikan seperti apa yang Bapak maksud?”

“Beberapa waktu lalu, sebuah bisikan kerap terdengar di telingaku. Sebuah bisikan yang mengatakan bahwa jika semua umat muslim di Indonesia ini tetap berpegang teguh dengan ajaran Islam, maka dipastikan mereka akan mati, dan jasad mereka akan dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil, kemudian potongan-potongan itu akan dijadikan makanan anjing-anjing dan hewan buas.”

Aku mengucapkan istighfar  mendengar ceritanya.

“Lantas apa yang sudah Bapak lakukan? Sehingga Bapak sendiri tidak yakin dengan keislaman yang bapak pegang” aku kembali bertanya.

“Semenjak mendengar bisikan itu, saya tidak pernah melaksanakan shalat, saya tidak pernah berpuasa, akan tetapi saya tidak pernah menyatakan keluar dari Islam. Saya hanya tidak melaksanakan kewajiban-kewajiban saya sebagai seorang muslim. Saya mulai meragukan Tuhan. Apakah saya murtad? Haruskan saya kembali mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai tanda bahwa saya kembali memeluk Agama Islam?”

Aku mencoba untuk menjawab pertanyaannya,

“Banyak macam Seseorang bisa dikatakan murtad, bisa saja seseorang dikatakan murtad karena mencela Allah, melakukan sujud kepada patung, meyakini Allah memiliki sekutu, atau meragukan sesuatu yang sudah jelas keharamannya, seperti meragukan haramnya syirik, khamr, dan zina.”

Jangan sampai kita mati dalam keadaan murtad, karena ada ancaman yang Allah berikan. Sebagaimana firman-Nya,

Barangsiapa di antara kalian yang murtad dari agamanya kemudian mati dalam keadaan kafir maka mereka itulah orang-orang yang terhapus amalannya di dunia dan akhirat. Dan mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal berada di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah : 217)

Bapak itu menganggukkan kepala, entah apakah dia mengerti apa yang baru saja kujelaskan atau tidak. Dia terus menganggukkan kepala, layaknya seorang murid yang mengiyakan pendapat gurunya tanpa berkomentar. Dia menuliskan beberapa kalimat di kertas kosong yang dibawanya, kemudian pergi begitu saja.

*
Selepas shalat ashar, laki-laki paruh baya tadi kembali menghampiriku yang sedang memasang sepatu, dan segera akan pergi meninggalkan masjid.

“Mas, maaf menggangu” ucapnya persis seperti pertemuan pertama tadi.

“Ada apa, Pak” aku menunda kepulangan dan duduk di tangga depan masjid, menunggu Bapak itu berbicara.

Bapak itu kembali menanyakan hal yang sama dengan pertanyaan tadi, dia kembali bertanya tentang keraguannya, dia kembali bercerita tentang bisikan-bisikan aneh yang sering dia dengar. Persis seperti ceritanya di pertemuan pertama tadi.

“Bukannya tadi Bapak sudah menanyakan hal ini?” tanyaku

“Saya baru sampai sini, Mas, ini kali pertama saya bertemu dengan Mas” jawabnya sambil kembali mengeluarkan selembar kertas kosong dan sebuah bolpoint hitam dari tas kecil yang ada di pinggangnya.

Dahiku berkerut, bukannya tadi dia ikut shalat ashar berjama’ah? Pikirku. Aku kembali menjawab pertanyaannya, setelah selesai mendengarkan jawabanku, dia pergi begitu saja, dia berjalan menyusuri jalanan tanpa mengenakan alas kaki, kedua kaki keriput itu menyapu kerikil-kerikil kecil yang tersembar di sepanjang jalan.

Aku menatapnya, Bapak itu sudah jauh dari pandanganku.

*
“Kamu tahu nggak siapa dia?” seorang teman menepuk pundakku.
“Nggak tahu” jawabku sambil terus melangkah.
“Laki-laki itu sudah sering datang kemari dan menanyakan hal yang sama. Sudah beberapa orang yang diberi pertanyaan yang sama, diceritakan cerita yang sama. Tadi dia cerita tentang bisikan aneh, kan?”
“Iya”

Ahh….Siapa Bapak itu?
Mengapa dia terus menanyakan hal yang sama?
Mengapa dia terus menceritakan cerita yang sama?

Entahlah, tidak ada yang tahu tentangnya. Aku meneruskan langkah menuju rumah. Selama di perjalanan pulang, bayang-bayang Bapak itu kembali hadir, kasihan dia. Aku hanya berharap dia selalu dalam lindungan-Nya.

Comments

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m