Skip to main content

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris.
Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, maka tentu saja akan menjadi lebih mudah baginya memahami ajaran agama yang selama ini dianutnya.
Pentingnya mempelajari bahasa Arab mungkin tidak semuanya dirasakan oleh tiap umat Islam, karena selama ini di sekolah-sekolah, bahasa Arab diajarkan dengan cara yang tidak menarik, kurang strategi, dan kompetensi guru bahasa Arab yang masih jauh dari kata “Profesional” dalam bidangnya. Banyak Guru bahasa Arab yang tidak bisa menulis dengan baik, tidak bisa berbicara dengan lancar alias terbata-bata ketika berbicara dengan bahasa Arab. Permasalahan-permasalahan ini tentu saja menjadikan bahasa Arab menjadi pelajaran yang tidak menarik.
Selain itu, lulusan-lulusan sarjana Pendidikan Bahasa Arab pun tidak menjamin memiliki kemampuan yang baik dalam bahasa Arab, tidak sedikit lulusan Pendidikan Bahasa Arab yang sangat pasif dalam berbicara. Memang tidak mudah untuk  menguasai kemampuan dalam berbicara, menulis, dan mendengarkan dalam bahasa Arab, akan tetapi setidaknya lulusan Pendidikan Bahasa Arab memiliki kemampuan yang mencukupi dalam bahasa Arab, tidak hanya sekadar bisa percakapan sehari-hari, karena kadang banyak yang menganggap bahwa jika bisa percakapan sehari-hari saja sudah dirasa cukup, padahal bahasa tidak hanya sekadar kemampuan berbahasa sehari-hari. Ketika seseorang memilih menjadi seorang akademisi, maka penguasaan kosa kata bahasa Arabnya tentu saja dituntut untuk lebih banyak dan lebih sulit.
Oleh karena itulah, belajar bahasa Arab tidak bisa sekadar mengandalkan apa yang dipelajari di kelas-kelas saja, namun harus lebih dari itu. Kita harus memanfaatkan teknologi untuk menguasai bahasa Arab dengan baik. Jika ingin berbicara layaknya orang Arab, maka sering-seringlah mendengar native speaker yang berasal dari Arab, sehingga kamu akan menguasai bahasa Arab dengan rasa Arab, bukan bahasa Arab dengan rasa Jawa, Madura, Bandung, dsb hehe, kan jadi lebih keren kalo bicara bahasa Arabnya seperti native speaker. Saya pribadi suka banget mendengar berita berbahasa Arab. Saya merasa keren aja, gitu, kalo seandainya nanti bisa berbicara bahasa Arab dengan rasa Arab hehe. Aminin, ya.
Baiklah, ini sudah kebanyakan pembukaannya. Sekarang saya akan share 16 website yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Arab secara online, jadi jangan cuma membuka social media doang, atau maen game terus. Hidup ini terlalu indah jika waktumu habis untuk hal-hal yang tidak berguna.
Berikut ini 4 channel di youtube yang paling sering saya buka. Saya suka mendengar berita-berita berbahasa arab melalui 4 channel berikut. Saya juga suka melihat video dokumentar al jazeera.


Selamat belajar.

Comments

  1. Iya hampir sama. Aku lulusan Sastra Jepang tapi kalo disuruh ngomong Jepang tuh njelimet. Wkwkwk :P

    ReplyDelete
  2. Aq nyimpen linknya, dan langsung cari postingannya link belajar bhsa inggris. Nuwun ya mas sdh berbagi info

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum, salam kenal
    manteb nih link-nya, langsung meluncur. Mas punya link bljr bhs arab, yg ada transliterasinya? Secara belum lancar baca huruf arab-nya.

    Ijin follow blog-nya. Syukran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum punya transilerasi, hehe biasanya transliterasinya pake bahasa Inggris :)

      Delete
  4. mas maaksi ya udah ngenalin websitenya,
    ana blajar bhasa arab udah pernah coba sebulan tapi karena kesibukan gak jadi dilanjutin deh

    ReplyDelete
  5. Wah mantap nih artikel, harus di share niih.
    izin ya Kang Arian

    ReplyDelete
  6. Weh ngak ribet tuch bahasa rusia ???

    ReplyDelete
  7. keren loh mas, kok bisa belajar banyak bahasa gitu ototdidak? mantep deh hehe

    ReplyDelete
  8. sangat bermanfaat, trimakasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.

Seluas Bahasamu, Seluas Itu Pula Duniamu

Bagi yang pernah berpergian ke suatu tempat, dimana bahasa yang digunakan adalah bahasa yang tidak bisa dipahami, tentu akan menyadari betapa pentingnya bahasa sebagai alat untuk komunikasi antara satu sama lain. Inilah sebuah keajaiban, dimana masing-masing Negara bahkan daerah memiliki aneka ragam bahasa yang memiliki ciri khas tersendiri. Di Bengkulu terdapat berbagai macam bahasa yang digunakan, masing-masing Kabupaten bahkan memiliki ragam bahasa tersendiri yang tidak semuanya saya pahami. Berbicara di ruang lingkup yang lebih besar, saat pertama kali belajar di tanah Jawa, saya seperti orang asing yang datang dari dunia antah berantah, yang sama sekali tidak paham tentang bahasa yang mereka gunakan, yakni bahasa Jawa. Lantas bagaimana akhirnya saya bisa sedikit mengerti tentang bahasa Jawa? Meski sampai hari ini saya hanya sebatas paham dan tidak bisa mengucapkannya. Adanya kebiasaan mendengar tentu memiliki peran penting di dalam perkembangan kemampuan seseorang di dalam