Skip to main content

Faithful


Kelas kita mempunyai sebuah nama yaitu  “faithful”, Keragaman tingkah, wajah, suku, semua membaur menjadi satu kesatuan utuh di kelas ini, saling mengingatkan satu sama lain ternyata menjadi ciri khas tersendiri dari kelas ini, kepedulian kalian terhadap teman bisa dibilang cukup baik, serta kepatuhan kalian terhadap guru pun sama baiknya.

Akhir-akhir ini kalian memberi semangat lebih (bukan berarti sebelumnya kalian tidak memberi semangat), dengan adanya program perpustakaan mini di dalam kelas yang saya buat, tahukah kalian betapa bahagia melihat kalian tenggelam bersama buku-buku, menambah wawasan tentang dunia bersama buku, teruslah membaca, karena dengan membaca kalian akan tahu bahwa banyak ilmu pengetahuan yang bisa kalian peroleh.

Kalian juga membuat senyum ini tetap berada pada tempatnya (lah emang selama ini senyum saya kemana ? he he), beberapa murid yang tadinya suka telat bangun pagi dan suka molor sholat subuhnya, sekarang sedikit demi sedikit sudah bangun pagi dan sholat tepat waktu meski kadang masih suka molor, tapi paling tidak usaha untuk menjadi lebih baik itu sudah terlihat, semua butuh proses yang tidak sebentar. Yang tadinya masih suka membantah perintah kedua orang tua, sekarang sudah mulai untuk taat, kedua orang tua kalian menceritakan akan kemajuan itu, dan tahukah kalian bahwa ada air mata kebahagiaan yang mengalir saat mereka mengatakan bahwa mereka bahagia saat melihat perubahan-perubahan kecil yang kalian lakukan dan saya hanya bisa tersenyum bahagia saat mendengar apa yang keduanya ceritakan.

Acap kali saya berpikir bahwa kalian adalah malaikat-malaikat yang Tuhan kirimkan untuk ambil bagian dalam lembar demi lembar kisah yang saya tulis rapi dalam hati ini, dan kelak kalian akan kembali membaca kenangan itu saat kita sudah dipisahkan oleh yang namanya jarak, saat kalian menjadi orang-orang yang sibuk, punya keluarga, dsb.

Tidak banyak yang saya harapkan, saya hanya berharap akan selalu ada senyum ditiap jalan yang kalian lalui, dan senyuman itu menandakan bahwa kalian bahagia pernah menjadi bagian dalam hidup ini. Senyum akan terlihat tiap kali kalian bertemu dengan saya, entah itu nantinya kalian sudah menjadi seorang polisi, dokter, guru besar, atau bahkan akan ada diantara kalian yang menjadi presiden. Tidak ada yang tahu bukan ?, dan senyum itu akan selalu terngiang dalam ingatan. Senyum kebahagiaan, mengingat kisah suka duka dalam perjalanan menuntut ilmu yang telah kita buat bersama dengan guru, dan teman-teman di kelas ini.

Coba lihat gambar di atas, bahagia bukan ? , gambar di atas di ambil setelah proses pembelajaran tentang jenazah selesai, coba lihat wajah-wajah kalian, senyum kalian, gaya kalian yang mengalahkan model papan atas sekalipun, kalian bisa membuat saya tersenyum, pernah terbayang bagaimana rasanya melihat orang-orang yang ada disekeliling kita tersenyum bahagia ? senang bukan ?, nah begitulah.

Rasanya baru kemarin saya bertemu kalian semua, namun saya merasa sudah mengenal kalian semua sejak lama, meski saya belum hapal 100% nama-nama kalian, tapi paling tidak saya tahu wajah kalian, sikap kalian, dsb.

Tahukah kalian, tiap kali ada yang sms atau telphone dan tidak masuk sekolah karena alasan sakit, atau alasan lain, saya selalu berdoa, semoga kalian cepat diberi kesembuhan, dan jika bepergian semoga selalu dalam lindungan-Nya. Tidak sanggup rasanya jauh dari kalian semua, terasa ada yang hilang saat tahu kalian tidak bisa mengikuti proses pembelajaran. Tahukah kalian,  senyum kalian, canda tawa, dan kadang-kadang kegaduhan kelas yang kalian buat sudah memberi warna tersendiri dalam hidup ini ?. meski kadang-kadang saya sempat jengkel dengan apa yang kalian perbuat, saya bukanlah malaikat, saya belum sekuat itu untuk menaham amarah, dan saya pun memahami bahwa semua ini adalah proses.

Akhirnya, hanya kebahagiaan kalianlah yang selalu saya dambakan, terlepas dari apakah kalian punya nilai yang bagus atau tidak, namun yang paling penting bagi saya adalah kalian menjadi anak-anak yang mempunyai budi pekerti yang  luhur, apalah artinya nilai tinggi, juara kelas jika budi pekerti yang tertanam pada diri itu bukanlah budi pekerti yang baik.

Good Luck my Students

Comments

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m