Skip to main content

Si Pahlawan Kecil


Saya berusaha mengingat kembali apa yang sudah saya tulis di blog ini selama kurun waktu satu tahun terakhir, kemudian saya tertegun dengan tulisan saya yang berjudul “Dear Faris”, sebuah tulisan yang saya tujukan untuk salah satu murid saya yang sempat saya jadikan dalam sebuah buku yang berjudul “Dear Faris - Catatan Inspirasi Si Pahlwan Kecil”. Bagi saya, tulisan-tulisan saya tentang Faris adalah tulisan-tulisan yang sangat menyentuh hati saya. Saya kadang menulisnya sambil menangis, melihat bagaimana dia berjuang sedemikian kuat dan tegar dalam menghadapi cobaan hidup yang tentu saja tidak mudah untuk ukuran anak seusianya kala itu. Faris, dia baru saja masuk di SMP dan saya adalah wali kelasnya. Kebersamaan saya dengannya menyisakan kisah yang sampai hari ini tetap saya ingat, meski saya sudah tidak lagi menjadi gurunya di sekolah karena harus melanjutkan study master saya di Malang.
Dear Faris adalah sebuah persembahan cinta saya untuk Faris, semacam catatan perjuangannya saat menerima kenyataan bahwa ia kehilangan Ayah saat kecelakaan terjadi, sekaligus kehilangan kemampuannya untuk berjalan, bahkan hingga hari ini, Faris masih belum bisa kembali berjalan normal seperti sebelumnya. Namun, Faris selalu berusaha untuk tegar menjalani semua cobaan yang ada. Kalian tahu sudah berapa kali Faris menjalani operasi sampai hari ini? Dalam satu tahun terakhir, Faris sudah menjalani 3 kali operasi demi sebuah kesembuhan. Itulah mengapa, bagi saya, sosok Faris begitu menginspirasi saya untuk menuliskan kisahnya dan berbagi kepada orang-orang di luar sana, bahwa kita bisa belajar banyak hal dari sosok Faris.
Kadang, manusia hanya bisa mengeluh dan merasa bahwa dia adalah orang paling susah di dunia ini dengan sekian banyak permasalahan yang ada. Saya masih ingat dengan baik, ketika hari pertama Faris menyadari bahwa sang Ayah telah tiada, dia hanya berucap sambil menjabat tangan saya, “Jangan sedih, Ustadz, ini lebih baik bagi Bapak, kasihan melihat bapak.” Dan saya hanya bisa berpaling dari wajahnya sambil mengusap air mata.
Kebersamaan saya menemani Faris sejak awal sampai akhirnya dia bisa kembali ke sekolah adalah kebersamaan yang menjadikan kami dekat satu sama lain. Sebagai seorang Guru, saya merasa memiliki kewajiban untuk tetap menjaga semangatnya dalam berjuang menjalani cobaan hidup.
Beberapa hari yang lalu, Faris baru menjalani operasi yang ketiga kalinya di Bandung, karena ternyata terjadi pengeroposan tulang kakinya sehingga harus dioperasi ulang kemudian dikasih semen obat. Faris menelpon saya, bercerita bagaimana dia menjalani hari-harinya di rumah sakit untuk yang kesekian kalinya. Saya selalu bilang ke dia, “Kalo Faris butuh teman bicara, sms aja Ustadz, nanti Ustadz telepon”, dan Faris pun melakukan itu. Jika dia butuh teman berbincang, dia sms dan saya telepon.

Bagi saya, dia adalah sosok malaikat kecil yang diberi Tuhan kesabaran yang luar biasa. Bagaimana tidak, dua bulan yang akan datang dia akan menjalani operasinya yang keempat kalinya dan dia dengan sabarnya menjalaninya. Kita bisa mengambil banyak pelajaran dari sosoknya. Semoga Allah selalu memberinya kesabaran bersama orang-orang yang selalu mencintainya sepenuh hati. Salam cinta untukmu, Nak, dari Gurumu, Arian Sahidi

Comments

  1. Ngomongin tentang tulang, saya jadi ngilu, mengingat saya dulu pernah patah tulang. :D
    Semoga Faris tetap sabar menghadapi penyakitnya :)

    ReplyDelete
  2. salut buat Fariz, salut juga buat gurunya. di masa kini, sulit mencari orang yang masih mau peduli secara hati, bukan hanya sekedari menjalankan kewajiban, tapi benar-benar peduli, seperti yang anda tunjukkan pada Fariz. kepedulian itu, walau kecil, yakinlah, pasti akan sangat bernilai bagi seorang Fariz. saya masih ingat, hanya satu kalimat 'yakinkah kamu masih hidup esok hari?' dari seorang teman yang peduli, membuat saya memutar haluan pandangn hidup saya.alhamdulillah, itu semua membuat saya lebih kuat. sekarng ini, orang sibuk dengan dunianya sendiri-sendiri, jadi susah mendapatkan orang yang masih memberikan ruang dihatinya untuk menerima beban orang lain. semoga sukses buat Fariz, dan juga anda. salam kenal kembali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. pun demikian dengan mbak rebellina, semoga diberi kesehatan selalu.

      Delete
  3. semoga Faris sehat selalu, dilimpahi kasih sayang dari orangtua dan gurunya seperti mas Arian ini aamiin :)

    ReplyDelete
  4. subhaanallaah... perjuangan faris yg luar biasa,belajar utk mnjadi pribadi yg sabar dan kuat bisa dri siapa saja ya ustadz,salam kenal... smg sukses GA'y :)

    ReplyDelete
  5. Saya datang dan sudah membaca “Self Reflection” di blog ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba saya ya
    Semoga sukses

    Salam saya
    #111

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m