Skip to main content

A Sensitive Guy


Dalam sebuah tabloid, saya pernah membaca tentang “Pria sensitif”, disana dijelaskan bahwa A “Sensitive” Guy adalah seorang pria yang memiliki perasaan yang sangat halus, emosinya mudah terkuras, selalu menghindari tontonan yang berbau kekerasan, hal-hal kecil bisa membuatnya berempati sedemikian tinggi, lebih peka terhadap kejujuran lawan bicaranya (memiliki intuisi yang bagus untuk menilai kejujuran lawan bicaranya), memiliki apresiasi yang tinggi terhadap alam, musik, dan lain sebagainya.
Sejak awal, saya menyadari, bahwa saya tipe laki-laki yang sangat sensitif. Ada banyak hal yang membuat emosi saya terkuras, saya mudah menitikkan air mata, saya sangat mudah tersentuh dengan suatu kondisi tertentu meski bagi laki-laki lain itu adalah hal biasa, saya kadang mudah tersinggung meski sebenarnya teman sedang bercanda, saya kadang tidak menerima sesuatu yang orang lakukan yang tidak sesuai dengan harapan saya pada mereka dan kadang menyalahkan diri sendiri.
Ustadz Toha pernah bilang, menurutnya, pria sensitif adalah pria yang lembut hatinya, dia baik. Dan saya hanya bisa terdiam saat beliau membicarakan tentang hal itu menjelang keberangkatan saya ke Malang.
Kadang, saya bersikap berlebihan dalam memandang sesuatu yang menurut kebanyakan orang adalah hal yang sangat biasa. Seperti saat-saat saya akan berpisah dengan anak didik saya, saya menangis untuk beberapa waktu. Saat pamitan dengan kepala sekolah pun saya meneteskan air mata, bahkan saat berbicara di hadapan rekan guru, saya hampir saja menangis, meski akhirnya bisa ditahan dan hanya meneteskan bulir-bulir hangat di ujung sana. Iya, saya sedemikian sensitifnya. Saya tidak tahu bagaimana penilaian orang lain terhadap a “sensitive” guy.
Dalam artikel yang lain, ada yang menulis  bahwa perempuan banyak yang mengharapkan seorang laki-laki yang sensitif, yang mana menurut mereka akan lebih peka dalam menjalani kehidupan bersama dengan mereka, lebih lembut dalam menjalin hubungan dan tentu saja lebih perhatian. Entahlah, saya malah tidak percaya dengan semua itu karena memang saya belum sampai pada tahap hidup bersama dengan seseorang yang disebut “istri”. Terlepas dari pandangan positif dan negatif orang terhadap laki-laki yang sensitif, kadang saya tidak merasa nyaman dengan perasaan sendiri.
Begitu juga dalam pertemanan, sering saya merasa tidak nyaman dengan komunikasi yang menurut orang adalah hal yang wajar, namun menurut saya itu adalah hal yang tidak wajar. Kadang, hanya karena perbedaan pemahaman terhadap sesuatu, karena tidak terjalinnya komunikasi yang baik, bisa membuat saya berpikiran yang tidak baik, menyalahkan diri sendiri, mungkin saya yang salah, mungkin saya yang terlalu berlebihan, mungkin saya yang terlalu serius, dan ada banyak kemungkinan yang lain.
Pernah suatu ketika, saya merasa sangat bersalah dengan seorang teman hanya karena kesalahan dalam memahami bahasa. Seorang teman pernah mengirimi saya sebuah pesan dalam bahasa Inggris,
“Don’t bother,”
Pemahaman saya, itu artinya “Don’t disturb”, saya balas,
“Sorry, I just wanna keep my promise”
Beberapa saat kemudian pesan balasan masuk,
“You don’t understand, I mean “Don’t worry”
Barulah kemudian ada penjelasan bahwa dia menggunakan google translate untuk membalas pesan saya, dan saya paham dengan usahanya untuk bisa berbahasa Inggris. Hanya karena komunikasi yang demikian saja, saya kadang merasa sangat bersalah, dan tidak nyaman. Saya tidak tahu apakah ini bagian dari sifat seseorang yang sensitif atau bukan. Yang jelas, saya berusaha untuk bersikap senormal mungkin.
Lain lagi dengan masalah kepekaan hati, saya tipe orang yang mudah tersinggung, meski disisi yang lain saya mudah “memaafkan”. Namun, kadang perasaan yang demikian mudah tersinggung dengan ucapan maupun sikap orang lain, saya merasa “unsecure” dengan diri sendiri dan saya rasa ini perlu untuk diubah menjadi lebih baik, lagi, bukan?
Saya percaya, tidak hanya saya sendiri yang merasakan hal ini, ada banyak orang yang mungkin juga merasakan hal yang sama dengan apa yang saya rasakan. Dalam sebuah artikel yang lain saya pernah membaca 7 ways to treat a sensitive guy, ada beberapa cara yang dipaparkan, kemudian saya menemukan dua cara yang menurut saya lumrah dan itu normal. Pertama, make him feel secure, kedua, don’t try to make him jealous,. Oh well, siapa sih yang mau dibuat “unsecure” oleh pasangan hidupnya? Siapa sih yang mau dibuat “jealous” oleh pasangannya? I think no one wanna feel that way.
PR terbesar saya adalah bagaimana mengelola perasaan yang cukup sensitif ini, bisa menjadikannya sebagai sebuah kelebihan dalam memaknai sesuatu. Bisa berusaha semaksimal mungkin menjadi seseorang pribadi yang baik terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing. Inilah keunikan ciptaan Tuhan, manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan saya percaya akan itu.
  *curcol pagi, ditulis sambil menunggu dosen Tafsir*

Comments

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m