Skip to main content

Galau di Malam Minggu

Edisi narsis :p 

Kalo pas malam minggu kelabu datang, gue biasanya terkena penyakit galau dadakan (sebenarnya memang hampir tiap hari sih gue galau). Kalo udah galau, gue biasanya buka twitter, memantai lalu lalang di timeline yang dipenuhi oleh para jomblowan dan jomblowati akut. Gue mungkin satu-satunya guru di sekolah ini yang paling suka berpetualang di jejaring sosial, terutama twitter. Gue juga satu-satunya yang suka berkicau di blog pribadi, meski cuma iseng nulis yang kadang nggak jelas. Gue juga yang paling suka galau di setiap malam minggu. Kayaknya gue serba paling dalam hal galau menggalau, apalagi narsis #kalem
            Ah iya, kata beberapa followers gue, gue itu guru yang narsis banget. Kalian tahu kenapa? Karena gue suka share foto-foto gue bersama murid-murid. Gue sih santai aja menanggapinya. Selagi gue narsis nggak mengganggu keutuhan rumah tangga mereka, ya, nggak apa-apa juga, kan?  Kecuali kalo saat melihat foto-foto gue, keutuhan rumah tangga mereka bakalan berada di ujung tanduk, mungkin gue bakalan berhenti narsis. Itu cuma persepsi mereka saja sih menurut gue. Kadang masyarakat memang terlalu berlebihan dalam menilai orang lain. Apa salahnya kalo gue suka difoto? Mungkin ini minat yang baru gue sadari akhir-akhir ini hehe
            Hampir setiap malam minggu, gue biasa membuat puisi, kadang-kadang banyak di retweet ama murid-murid gue dan akan banyak juga yang mention gue;
“Ustad Arian lagi galau.”
Biasanya gue balas komentar mereka dengan alasan lagi belajar bikin puisi. Biar galaunya bermanfaat, makanya merangkai kata-kata menjadi kalimat-kalimat yang memiliki arti indah, sok romantis padahal gue bukan cowok romantis. Gue memang nggak punya bakat untuk jadi cowok yang romantis. Gue punya bakat jadi cowok yang manis doang #uhuk
Murid gue kalo udah baca tweets gue yang isinya galau (itu sih kata mereka), bakalan di retweet semua. Sampai ada yang rela ngeretweet semua tweets gue. Aneh, kan murid-murid gue? Nggak jauh beda ama gue.
Lagi-lagi gue tidak setuju dikatakan galau kalo gue menulis puisi. Karena terkadang gue memang sengaja belajar bikin puisi dengan berkicau. Jadi tidak semua yang sering membuat puisi itu suka galau, kan? Tapi lagi-lagi itulah persepsi masyarakat, kita tidak bisa merubah persepsi mereka agar sama dengan apa yang ada di benak kita.
Sebagian besar dari followers gue adalah murid. Itu artinya sebagian besar murid-murid gue membaca semua tweets gue; entah yang sok islami, sok bijak, sok puitis, curcol, galau, de el el. Jadi nggak aneh kok kalo gue mendapat predikat ustad yang paling sering berkicau dan paling sering galau di jejaring sosial. Jejaring sosial yang sering gue pakai adalah twitter, gue jarang membuka lapak di facebook. Palingan gue cuma share tulisan-tulisan gue yang ada di blog, ama ngurus fans page. What? Fans page? Nggak salah ni gue? yupz gue punya fans page dan bisa dipastikan orang-orang yang nge-like itu pasti bingung siapakah gerangan yang punya page ini? Terkenal juga kagak, iya kan? Tapi ya sudahlah, kalo berkenan ya silahkan di like, kalo nggak berkenan ya tetap harus di like juga (edisi maksa).
Sebenarnya, awalnya gue hanya sering berinteraksi dengan teman-teman penulis doang di twitter. Tapi lama kelamaan banyak murid yang jadi followers, gue mulai mengurangi jam terbang gue di timeline. Untuk mengurangi kegalauan gue di malam minggu, gue biasanya membuat kuis berhadiah pulsa gratis. Yah lumayan membuat gue sedikit move on. Berbagi di malam minggu kelabu.
Pernah gue bikin tweets puisi tentang jatuh cinta, rame tuh murid-murid yang mention gue. Padahal gue cuma bikin puisi doang. Gue aja nggak tahu puisi itu gue tujukan ke siapa, gue cuma pengen aja bikin puisi. Setiap kali gue bikin puisi, gue dikatain galau.
“Cieee.. Ustad lagi jatuh cinta, ya? Ama siapa?”
“Uhuk..numpang batuk, ya Ustad.”
“ehm.. ada yang lagi jatuh cinta ni kayaknya. Akhirnya Ustadku jatuh cinta.” (Baca mention ini gue jadi pengen nimpukin dia pake permen satu kardus)
 “Semoga dia memang jodoh ama Ustad, ya.” (ah ini anak bijak banget. Tapi siapa dia?)
Mungkin karena gue bikin puisinya di malam minggu, makanya banyak yang mengira gue lagi galau. Ada murid yang pernah nanya,
“Kok bikin puisi seringnya malam minggu?”
Kalo gue bikin puisi malam Jumat Kliwon, gue takut setan pada jatuh cinta ama gue #dicekeksetan.
Awalnya gue itu nggak pernah berani memakai foto asli di jejaring sosial. Alasannya sih simpel banget, gue cuma takut banyak yang galau melihat wajah gue yang nggak jauh beda ama Tom Cruise kalo dilihat dari puncak monas. Semoga penggemar Tom Cruise tidak membaca tulisan ini, takutnya gue didemo kemudian diminta untuk menampakkan diri dihadapan publik. Bisa berabe urusannya kalo kayak gitu. Jadi jangan bilang-bilang fans-nya Tom Cruise, ya, Bro. #nyengir
Setelah hampir setengah tahun gue punya akun twitter, akhirnya gue berani juga pasang muka labil gue jadi avatar. Mulai deh banyak komentar. Selain berani masang foto asli, gue jadi ketagihan share foto. Kalo baru aja ada kegiatan sekolah dan kebetulan gue bawa camdig, pulangnya biasanya gue langsung share di twitter. Itu berlangsung hampir satu tahunan lebih. Setelah itu, akhir-akhir ini gue sudah jarang banget bawa camdig. Udah jarang juga share foto-foto. Udah mulai bosan, kebanyakan foto kayaknya.
Galau di timeline itu ada serunya juga loh, Bro (akhirnya ngaku juga kalo sering galau di timeline). kadang kalo gue lagi rajin banget ngetweet puisi, ada juga yang iseng ngebalas tweets gue dengan puisi juga. Nah kalo sudah demikian, biasanya akan terjadi saling berbalas mention berupa puisi. Seru aja sih menurut gue. Tapi ya nggak jauh-jauh dari puisi galau sih (itu kata mereka)
-Benciku padamu, hanya akan membuatku selalu ingat akan dirimu. Aku tak pernah benar-benar membenci- #nomention
-Aku tak pernah benar-benar menjauh darimu, aku hanya mengeja jarak, berharap rasaku mengutuh, menyemai rindu untukmu-
-Dalam diam, kusebut namamu, kuucapkan rindu, kusemai benih-benih cintaku untukmu-
-Luka, mungkin hanya goresan rasa yang akan hilang bersama hangatnya mentari pagi, ada rindu yang menanti tuk didekap-
-Bukankah hadirku untuk menerangi hatimu dengan warna-warni pelangi yang terukir indah di raut wajahku? Mungkin.-
-Cinta, mungkin hanya tetesan bahagia yang jatuh perlahan dari mahligai kasih, yang terus menetes dan memenuhi sanubariku.”
-Benci, mungkin hanya gejolak rindu yang sedang berlari tak tentu arah, mencari jalan untuk kembali-
-Rindu, mungkin hanya getaran rasa yang melambung tinggi bersama alunan nada hatiku dan hatimu-
Gue juga sering ngetweet kalo lagi kangen ama murid-murid. Saat liburan biasanya gue kangen banget ama mereka. Gue nggak tahu apakah mereka juga merasakan hal yang sama. Semoga.
-Aku merindukan kebersamaan kita, tertawa, berbagi suka dan duka, pun dengan langkah-langkah kecil kalian. Adakah rindu untukku?-
-Aku merindukan senyum khas yang selalu hadir menemani pagiku, senyum ramah yang menyapa hati di saat mentari memulai sinarnya. Aku rindu-
-Aku merindukan rasa yang selalu hadir saat tanganku menyentuh lembut telapak tangan kalian, pun dengan ucapan salam yang kalian ucapkan-
-Aku merindukan derap langkah kalian, berlari mengejar langkahku yang kadang terlalu cepat, pun dengan hentakan-hentakan kaki-kaki mungil kalian-
Kadang kalo lagi kangen Ibu, gue juga sering ngetweet.
-Kulihat wajahmu yang tak lagi seperti dulu, ada garis-garis kehidupan yang menghiasi wajahmu. Aku ingin melihatmu bahagia karenaku-
-Kulihat mentari yang perlahan menghangatkan semestaku. Kasihmu tak pernah hilang, menjelma menjadi rindu yang menggunung. Aku rindu Ibu-
-“Adakah rindu yang sama yang engkau rasa?” Tanyaku padamu. Ada rindu untukmu, Ibu. Selalu-
-“Kapan pulang?” tanyamu padaku saat getar-getar rindu itu semakin kuat. “Nanti,” jawabku. Kemudian engkau merapal harap segera-
-Jiwaku tenang saat jemariku memegang erat kedua tanganmu yang dulu menuntunku untuk berdiri kuat melawan kehidupan. Ada rindu untukmu-
-Pagi datang membawa senyuman, menata rindu akan hadirmu di sisiku, Ibu. Ibu, utuhkah rindu menjelma di hatimu?
Kurang lebih demikianlah tweets gue di malam minggu. Sebelum ngetweets puisi, biasanya gue izin dulu ke followers gue, udah kayak mau nikah aja, kudu izin ke followers.
Ada juga murid gue yang rela scroll down tweets gue yang udah lama, kemudian nge-retweet semua tweets gue yang sok puitis bin galau. Handphone gue berdenting mulu karena notification dari twitter. Fiuh…kamu tega.
Ada yang belum gue ceritakan, di jejaring sosial gue memiliki dua gelar; Pak Guru dan Ustad. Kalo Pak Guru adalah panggilan dari mereka yang bukan murid, meski ada juga yang manggil gue ustad. Sedangkan ustad adalah panggilan resmi dari murid-murid gue.
Pada akhirnya gue menyadari satu hal, tidak masalah kalo memang gue aktif di jejaring sosial, dalam hal ini twitter, selama itu masih wajar-wajar saja. Yang jadi masalah adalah ketika sudah menjadi kecanduan akut, hingga melupakan banyak hal lain yang seharusnya kita lakukan. Selama itu masih dalam batas yang wajar, silahkan saja, jangan sampai menjadikan itu semua sebagai suatu hal yang wajib dilakukan.
Segalau sesuatu yang dilakukan berlebihan memang tidak baik, kan? Contohnya kamu suka maen game, ya, silahkan maen. Tapi jangan sampai bermain game melupakan kewajibanmu, misalkan shalat. Gue punya murid yang rela maen game di warnet dari maghrib sampai subuh, parah nggak tuh? Sekalian aja bikin kontrakan di warnetnya.
Selamat berkicau dan jangan lupa follow gue di @ariansilencer (modus nyari followers).

Comments

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m