Skip to main content

Malam Bina Iman dan Amal


Serius memperhatikan


Sabtu, 3 November 2012
Sore ini, sejak pukul 15.00 seluruh guru (laki-laki) berkumpul di masjid sekolah, kami akan mengikuti MABID (Malam Bina Iman dan Amal) yang merupakan salah satu program sekolah. Kami berkumpul di masjid, beri’tikaf di rumah Allah SWT, dan akan diisi dengan berbagai macam kegiatan yang bisa memberikan pencerahan pada diri, agar bisa menjadi lebih baik. Masing-masing dari guru akan melakukan muhasabah diri, tentang hidup yang selama ini telah dilalui.
16.00
Ustadz. Darsitun, selaku ketua pelaksana kegiatan MABID membuka acara dengan memberikan siraman rohani kepada seluruh rekan guru yang hadir. Kami mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan oleh Ust. Darsitun. Setelah itu, masing-masing dari rekan guru senior dipersilahkan untuk share kisah perjalanan mereka sejak pertama kali mengabdikan diri di Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, agar bisa diambil pelajaran bagi kami yang merupakan guru baru. Masing-masing dari mereka memiliki kisahnya tersendiri, ada suka, ada duka yang menemani perjalanan mereka mendidik putra-putri bangsa ini.
 Masih sok serius nih :p
Setelah serangkaian acara selesai, kami menyiapkan diri untuk Shalat Maghrib. Malam ini kami akan menghabiskan malam bersama di masjid sekolah. Setelah selesai melaksanakan shalat maghrib, kami dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan seorang guru pengampu untuk tadarus Al Qur’an. Saya mengampu beberapa rekan guru, menyimak mereka membaca Kalam Ilahi Rabbi. Semoga dengan kesederhanaan dan kebersamaan ini akan terjalin sebuah hubungan yang membuat kami semakin bersatu padu, membina anak didik agar bisa menjadi lebih baik.
 Tadarus Al Qur'an

Setelah selesai tadarus Al-Qur’an, kami melaksanakan shalat Isya berjama’ah, dilanjutkan dengan kultum dari salah satu rekan guru. Setelah kultum, kami makan malam bersama. Arhhhh kebersamaan ini sungguh bermakna. Saya merasakan ikatan kekeluargaan yang begitu erat yang ada antara satu sama lain. Kami adalah sebuah bangunan yang saling menguatkan satu sama lain, dengan berbagai macam ciri yang berbeda. Semua menjadi satu dan memiliki tujuan yang sama, yaitu mengabdikan diri menjadi pendidik yang baik agar meraih ridho Ilahi.
Mari Makan

 Setelah makan malam selesai, acara dilanjutkan dengan siraman rohani dari Ust. Nur Hamdan. Beliau menyampaikan materi yang berkaitan dengan tujuan kita hidup. Beliau menjelaskan bahwa tujuan kita hidup adalah beribadah kepada Allah SWT. Salah satu pengabdian diri pada Allah SWT adalah dengan menegakkan syiar Islam di permukaan bumi, agar setiap langkah kita tetap berada pada jalur yang diridhoi Allah SWT.
Saya terdiam, kemudian bertanya pada diri,
“Apa yang sudah saya lakukan pada Agama yang selama ini telah saya anut sejak lahir? Kontribusi apa yang telah saya berikan pada Islam?”
Selama ini, rasanya saya hanya menuliskan target-target pribadi, dan tidak pernah saya menuliskan target-target yang ingin saya capai untuk Agama Islam. Saya malu pada Allah SWT, yang selalu memberikan nikmat-Nya, meski saya kadang lupa pada kewajiban untuk menyebarkan Agama Islam.
Setelah materi dari Ust. Nur Hamdan, acara diakhiri dengan pembagian hadiah bagi peserta MABID yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi-materi yang sudah disampaikan. Setelah itu, kami dipersilahkan istirahat.

03.00
Kami sudah bangun dari lelap tidur, sudah siap dengan pakaian shalat masing-masing. Pagi ini, kami akan mendirikan shalat tahajud berjama’ah. Saya diamanahi untuk mengimami shalat tahajud. Ust. Darsitun bilang,
“Shalat malam kali ini harus lama, Imam harus membaca 1 Juz.”
Saya hanya tersenyum dan segera memulai shalat malam dengan membaca Takbiratul Ihram. Kami hanyut dalam kekhusyu’an masing-masing, berharap amal ibadah yang kami lakukan bisa diterima oleh Allah SWT.

 04.15
Kami mendirikan shalat subuh berjama’ah, dilanjutkan dengan kultum dari dua orang rekan guru. Kami kembali diberikan pencerahan dari materi-materi yang disampaikan oleh masing-masing pembicara.
05.00
Dan sekarang, tiba saatnya kami lari pagi bersama-sama, menggerakkan anggota badan agar bisa menghasilkan tetesan keringat dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kami lari pagi bersama, menyapa pagi dengan kehangatan yang ada di antara kami. Saya sungguh bahagia menikmati serangkaian kebersamaan ini. Setelah selesai lari pagi, kami melanjutkan kebersamaan dengan bermain bola kaki di halaman sekolah. 
 Sedang menunggu bola jatuh haha

Permainan cukup sengit, hingga akhirnya saya masuk menjadi pengacau bagi masing-masing pihak haha. Saya tidak mengenal kawan dan lawan. Saya mengarahkan bola ke arah mana saja yang saya suka. Kadang kawan menjadi lawan, kadang lawan menjadi kawan.
“Ayo, bagi bolanya, kita kawan,” ucap saya sambil tertawa, kemudian diikuti dengan derai tawa yang lainnya.
“Saya sudah tidak percaya lagi,” ujar Ust. Masnun
“Menang kalah tidak penting, yang penting berkeringat,” jawab Ustadz. Darsitun.
Permainan berlangsung dengan sangat sempurna alias kacau, bola sudah melebihi batas halaman sekolah (sudah masuk ke bagian lantai) tapi tetap dikejar, tidak ada yang namanya out haha. Selagi masih bisa dijangkau, maka tetap masih dalam koridor haha. Yang lebih anehnya lagi, gawang dari masing-masing pihak sangat kecillll, lebar gawang tidak lebih dari satu meter lol. Meski gawangnya kecil, namun bola tetap bisa melesat dengan indah dan menembus pertahanan keeper.
 Tersenyum Bahagia karena kebersamaan

Setelah selesai bermain bola, kami sarapan bareng, kemudian baru kembali ke rumah masing-masing. Semoga kebersamaan ini tetap ada. Amin.
Saya rasa hal ini perlu dilakukan oleh masing-masing sekolah. Kegiatan MABID ini sungguh banyak sekali manfaatnya. Saya belajar untuk bisa lebih mengeratkan jalinan silaturahmi satu sama lain, saya belajar untuk lebih mengerti masing-masing rekan guru agar bisa lebih kompak dalam berjuang di dalam dunia pendidikan, saya belajar untuk lebih taat pada Allah SWT, dari nasehat-nasehat yang disampaikan oleh pemateri, dan saya juga belajar untuk terus bersyukur akan karunia yang Allah berikan. Semoga apa yang kami lakukan bisa menjadi amal ibadah yang bisa menjadi bekal kami menghadap Allah SWT. Amin

Comments

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.