Skip to main content

Bunga Cinta Patrem

Sore itu, saat semua orang menyibukkan diri dengan hasil jaring ikan yang mereka pasang di lautan, mereka melepaskan satu persatu ikan-ikan yang terjebak di jaring, seorang pemudi duduk santai di ujung perahu kecil yang sudah rapuh yang terletak di pinggir pantai, kakinya berayun-ayun, jilbab ungu yang ia kenakan serasi dengan warna perahu yang juga berwarna ungu. Ia sedang membaca sebuah buku “Taman Orang Jatuh Cinta dan Tamasya Orang Yang Terbakar Rindu” yang merupakan terjemahan dari kitab “Raudhatul Muhibbin wan Nuzhatul Musytaqin” karya Ibnu Qayyim Al Jauziyah.
Dia membaca lembar demi lembar buku itu, ia berhenti lama pada bait-bait syair yang meneduhkan hatinya, sekaligus menggambarkan isi hatinya saat ini.
Aku tidak mengerti mengapa cinta harus dicaci
Entah mata yang telah buta atau hati yang telah mati
Mengapa harus aku caci hati yang tidak melihat?
Tapi, jika kucerca mata, justru hati yang berdosa
Mata dan hati membuatku terbagi
Ya Rabbi, berilah perlindungan untuk mata dan hati ini
Ia membaca bait-bait itu berulang-ulang, ia mencoba untuk memahami akan kandungan syair tersebut. Setelah paham, barulah kemudian ia melanjutkan membaca ke bagian selanjutnya.
Matahari sebentar lagi akan tebenam, suara ayat-ayat suci dari masjid sudah terdengar sampai ke telinganya, ia menutup buku yang sedang ia baca, tidak lupa dia melipat bagian akhir yang telah ia baca sebagai tanda. Ia menyusuri jalanan setapak menuju rumahnya, ia basuh anggota badannya dengan air wudhu, diambilnya mukena putih bersih yang terlipat rapi di atas meja kamarnya, ia kenakan dan tidak lupa membawa sebuah mushaf al Qur’an berukuran sedang. Ia berjalan menuju masjid yang tidak jauh dari rumahnya.
Di perjalanan menuju masjid, ia tidak sengaja berpapasan dengan Patrem, pemuda yang terkenal karena kealimannya, terkenal karena suara indahnya saat melantunkan ayat-ayat suci, pemuda idaman hati semua pemudi yang ada di desanya. Banyak pemudi yang membicarakan tentangnya, memuji dan berharap bisa meraih hati sang pujaan.
“Assalamu’alaikum Lathifah, Patrem mengucap salam”
“Wa’alaikumussalam”
Setelah menjawab salam, Lathifah kembali menundukkan pandangan, ia tidak ingin berlama-lama beradu pandang dengan Patrem, ia  berjalan mendahului Patrem dan beberapa temannya. Ia mempercepat langkah kakinya menuju masjid.
Patrem tersenyum memandang Lathifah yang berjalan tergesa-gesa.
“ehm, ada yang sedang di landa cinta nampaknya, teman-temannya menggodanya, ”
Patrem tersenyum dan tersipu malu, entah mengapa, tiap kali bertemu dengan Lathifah, ia tersentak dan tidak bisa berkata-kata, hanya salam yang mampu ia ucapkan.
Tiba-tiba aku berpapasan dengannya
Aku tersentak dan tidak bisa berkata-kata
Kutata kembali pikiran seperti sedia kala
Kucoba mengingat kata, saat ia tiada
Yang menjadi kebahagiaan orang yang sedang jatuh cinta adalah bertemu dengan orang yang dicintainya, sebaliknya tidak ada kesedihan yang paling dalam baginya kecuali ketika berpisah dengannya.
Patrem mengadukan perasaannya kepada-Nya di pertengahan malam, ia bangun dan memohon petunjuk-Nya akan apa yang sedang ia rasakan saat ini. Diumurnya yang sudah dua puluh enam tahun, sudah saatnya ia membina rumah tangga, sudah waktunya ia memilih hati yang akan ia jadikan permaisuri dalam istana cinta yang akan ia bangun. Ia hanya bisa mengadukan gejolak hati kepada yang menciptakan gejolak. Setelah merasa yakin dengan pilihannya, barulah ia akan melangkah ke tahap selanjutnya yaitu ta’aruf, jika memang ada kecocokan keduanya, ia akan langsung melamar Lathifah bidadari pujaannya. Ada dua pilihan ketika seseorang bertemu cinta, yaitu jatuh cinta dan bangun cinta, ia memilih yang kedua (bangun cinta) agar cintanya menjadi istana, tinggi menggapai surga.
Ya Rabbi,
Jadikanlah ia sebagai Hajar
Jadikanlah ia sebagai Maryam
Jadikanlah dia sebagai Khadijah
Wanita perkasa penuh keagungan
Yang akan menemani hari-hariku menuju Ridho-Mu

Comments

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m