Skip to main content

Ajari anak shalat sedini mungkin

Tadi siang, saya mengirimkan pesan singkat kepada murid-murid kelas yang saya ampu.
“Salam, sudahkah hari ini Ananda membaca Al qur’an?, jangan lewatkan hari tanpa membaca Al qur’an sebagai wujud syukur atas ni’mat dari Allah swt.”
Saya memang rutin berkomunikasi dengan anak-anak via sms, chatting, dan juga telphone. Tujuannya adalah agar mereka merasa bahwa ada yang peduli dengan mereka, karena memang tidak semua orang tua peduli dengan apa yang dilakukan anak-anak di rumah. seperti Shalat mereka, tidak semua bisa mengontrol karena sibuk bekerja, setidaknya dengan tetap melakukan komunikasi, saya sudah berusaha untuk selalu mengingatkan mereka agar “segera shalat jika sudah masuk waktunya”, “jangan lupa untuk membaca Al qur’an tiap ba’da Maghrib” dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan sekolah, seperti “jangan lupa untuk membawa buku penghubung ke sekolah”, “belajar yang rajin karena sebentar lagi ujian kompetensi”dan lain-lain.

Dari awal yang paling saya tekankan kepada mereka adalah “Shalat lima waktu”, karena sebagian besar orang tua mengeluhkan prilaku anak yang sangat susah untuk disuruh shalat. Biasanya mereka susah untuk disuruh shalat “Isya” dan “Shubuh”. Seperti sore ini, saya mendapatkan pesan singkat dari wali murid (nama saya samarkan):
“Maaf ust. Si “R” tidak pernah membaca Al qur’an, shalat masih harus disuruh, jarang shalat isya dan shubuh, setiap hari maen game terus. Saya sebagai orang tua sangat prihatin. Kira-kira langkah apa yang harus saya lakukan?. Apa harus dibawa ke ahli jiwa?.  Mohon sarannya”
Berbicara tentang si ‘R’, sebenarnya saya juga rada-rada bingung bagaimana lagi mengingatkan dia untuk rajin shalat, dan rajin belajar. Karena memang sudah berulang kali saya panggil dan ajak bicara dari hati ke hati (terkesan lebay nggak sih ha ha), tiap kali saya ajak bicara, dia biasanya ta’at untuk beberapa hari, kemudian ngulang lagi dari awal harus diingatkan lagi dan begitu seterusnya (bukan berarti saya sudah menyerah ya, #senyum).

Setelah membaca pesan singkat dari Ibunya, saya balas :
“Salam. Ibu, jangan pernah bosan untuk terus mengingatkan ananda ‘R’. Saat dia tidak mau mengerjakan shalat, jangan berhenti mengingatkan sampai dia benar-benar mengerjakan, begitu juga dengan belajar. Sekeras apa pun hati akan berubah dengan adanya kepedulian dari orang tua. Sekarang Ibu sudah mengingatkan sebagai wujud kepedulian, dan yang perlu Ibu lakukan adalah lebih bersabar dan tetap mengingatkan dia akan kewajiban-kewajibannya”.
Yang jadi masalah sekarang adalah, terkadang orang tua hanya mengingatkan saja tanpa memperdulikan apakah anak melaksanakan atau tidak, dalam artian setelah disuruh shalat dan anak belum melakukan, akan tetapi orang tua sudah berhenti disitu. Sering saya ajukan ke wali murid “Apakah pernah dipaksa untuk shalat?”, dan kebanyakan jawaban adalah “Tidak”, “dan setelah diingatkan apakah mereka mengerjakan?”, biasanya jawabannya “kadang-kadang”. Itu sudah bagus, mengingatkan sebagai wujud kepedulian orang tua terhadap anak. Kita ambil saja contoh “shalat”, shalat itu hukumnya wajib sejak anak sudah “baligh”, akan tetapi anak kecil itu hendaknya diperintahkan untuk melaksanakan shalat sejak berumur tujuh tahun dan shalatnya itu sunnah baginya. Dan apabila dia telah berumur sepuluh tahun, maka pukullah dia kalau tidak melaksanakannya.

Memukul disini bukan berarti dengan kekerasan, anak dipukul sampai berdarah-darah karena tidak shalat, bukan itu yang dimaksud, akan tetapi yang dimaksud adalah pukulan kasih sayang untuk mengingatkan anak akan kewajibannya (emang ada ya pukulan kasih sayang?, ok kurang lebih demikian penjelasannaya “mbulet”).

Permasalahan lain adalah, saya sering bertanya kepada anak-anak:
“Mengapa tidak shalat?”
Dan jawabannya mengejutkan :
“Papa aja nggak shalat ust”
Nah inilah pentingnya orang tua menjadi contoh yang baik bagi anak-anak, bagaimana mungkin kita menyuruh anak-anak untuk shalat sementara kita sendiri selaku orang tua tidak melaksanakan shalat.

Orang tua kadang marah-marah saat anak tidak mengikuti les, akan tetapi saat anak tidak shalat, orang tua biasa-biasa saja terkesan tidak peduli. Masih ingat dengan pesan Nabi Ya’qub as kepada anaknya “apa yang kamu sembah sepeninggalku”? sebagai wujud kepeduliannya terhadap anak-anaknya, yang ia pertanyakan bukanlah "makan apa kalian kalo bapak udah nggak ada?".

Jadi sekarang, pertanyaannya adalah :
"Sudahkah kita mendirikan shalat lima waktu?"
“Sudahkah anak-anak kita mendirikan shalat?”.
Mari bersama, kita ajarkan anak-anak kita sedini mungkin untuk melaksanakan shalat dan ibadah-ibadah yang lain. Dan tentunya dimulai dari kita selaku orang tua terlebih dahulu.

“Terkesan menggurui nggak sih saya ini?, #plak. Saya kan belum punya anak”, baiklah silahkan ambil yang baik-baiknya saja dari tulisan ini, yang jeleknya diabaikan saja”

Comments

  1. dulu waktu kecil sudah sekolah mi pagi sama mi sore, mi pagi dicampur ilmu umum, kalo sore murni ilmu agama. malamnya masih harus ke langgar. kalau ndak bisa kena omel ibuk. dulu selalu malas...ahh..baru kerasa sudah gede gini.. dan kok susah ya, nemu cowok yg benar2 enak bacaan sholatnya *komen ga nyambung sama isi...=))

    ReplyDelete
  2. ah sepertinya dirimu minta dicarikan jodoh sama saya,#ditendang, mungkin dirimu belum menemukan saja. semoga segera menemukan pujaan hati yang dicari ya #senyum :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan

Popular posts from this blog

Rumah Singgah Keren di Batu

Tempat tidur super nyaman Kota batu adalah salah satu kota yang menjadi favorit saya saat ini, selain karena saya memang stay disini sejak 1,5 tahun yang lalu, kota ini memang memiliki daya tarik luar biasa, apalagi kalo bukan alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, dan beberapa tempat wisata yang modern seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, dan masih banyak lagi. Jadi, Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur bersama orang-orang yang dicintai.             Meski sudah stay di Batu selama kurang lebih 1,5 tahun, namun saya belum berhasil mengunjungi semua tempat wisata di Batu, biasalah saya ini pengangguran yang banyak acara, sibuk sama buku-buku di perpustakaan (ini pencitraan banget). Baiklah, saya tidak akan membicarakan tentang liburan saya yang tak kunjung usai, akan tetapi, saya akan memberi satu tempat rekomendasi yang bisa kamu jadikan tempat bermalam selama kamu berada di Batu. Saya jamin, tempa

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, m

Paralayang Batu

Salam. Tiga hari terakhir, saya lagi banyak kerjaan (baca: tugas kuliah ama jalan-jalan, hehe). Kebetulan Reimer, sahabat saya dari Rotterdam-Holland sedang berkunjung ke Malang. Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya mau mengajak dia menjelajahi Malang dan sekitarnya, dong, hehe. Sejak Minggu saya sudah menemani Reimer jalan-jalan. Saya hanya menemai ketika kuliah sudah selesai aja, sih. Biasanya dari ashar sampai malam. Nah, selain kelayapan di Malang, saya mengajak Reimer untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian Gunung Banyak yang merupakan tempat bagi kamu yang berani uji nyali untuk terbang dari ketinggian dengan bantuan parasut atau biasa dikenal dengan Paralayang.